Mei 16, 2021

Cerdass

sebuah ruang penuh wawasan

Pembatasan WNA Terlambat, Indonesia Siap-Siap Akan Dihadapi Oleh Varian Baru Corona

1 min read

Source Image: Kompas.com

Penulis: Nur Haliza

JAKARTA—Pada akhir tahun Bandara Internasional Soekarno Hatta di terminal 3 terlihat adanya penumpukan penumpang Warga Negara Asing (WNA). Bukan hanya penumpukan WNA saja tetapi banyak WNI yang ingin menghabiskan masa liburannya ke luar negeri maupun ke luar kota.

Tetapi adanya kebijakan baru dari pihak pemerintah berlaku untuk seluruh penumpang penerbangan Internasional. Kebijakan barunya yaitu wajib karantina selama lima hari.

Kebijakan tersebut diberlakukan mulai dari awal tahun yaitu 1 Januari 2021. Kebijakan ini diuat untuk menghalangi varian baru virus corona untuk masuk ke Indonesia.

WNA yang tiba di Indonesia pada tanggal 28-31 Desember 2020 diwajibkan membawa hasil test RT-PCR dengan hasil negatif paling lambat 2×24 jam dari tanggal keberangkatan.  Hal tersebut sesuai isi Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020.

Tetapi, menurut para pengamat kebijakan ini seharusnya dilakukan pada saat awal virus corona masuk ke Indoensia pada bulan Maret 2020. Lalu karantina selama 5 hari pun tidak cukup untuk menahan penularan.

Seharsnya pembatasan ini dilakukan sepanjang waktu samapi situasi pandemi bisa terkendali pada level global tidak hanya sementara.

Mentri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah belum mengetahui apakah varian baru virus corona sudah berada di Indonesia apa belum. Tetapi varian baru virus corona inisudah terdeteksi di negara tetangga yaitu Singapura. Yang jaraknya pun dengan Indonesia sangat dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.