April 23, 2021

Cerdass

sebuah ruang penuh wawasan

Kisah Inspiratif Dokter Nepal Yang Sembuhkan 100 Ribu Orang Miskin Penderita Katarak Secara Gratis Selama 30 Tahun

2 min read

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com

Penulis: Agatha Florencia Resley 

TANGERANG– Dokter spesialis mata asal Nepal, Sanduk Ruit, dipuji sebagai pembawa mukjizat karena berhasil menyembuhkan lebih dari 100 ribu penderita katarak di dua benua. Setiap menangani satu pasien, ia hanya membutuhkan waktu lima menit saja.

Terdorong oleh keyakinannya bahwa orang-orang miskin berhak mendapatkan pengobatan mata yang layak dan berkualitas, membuat dokter Ruit melakukan aktivitas tersebut sebagai bagian dari tujuan hidupnya. Dia merancang teknik pengobatan cepat dalam waktu lima menit yang dapat menangani banyak pasien katarak dalam waktu singkat.

Dokter Ruit diketahui memiliki teknik jitu dalam membuat sayatan kecil pada mata pasien yang dapat menghilangkan bagian keruh lensa mata pada penderita katarak. Kemudian, dia akan menggantinya dengan lensa buatan baru yang tidak terlalu mahal harganya.

Pria yang dijuluki “Dewa Penglihatan” oleh warga Nepal itu menawarkan teknik pengobatan tersebut pada penderita katarak di seluruh dunia dan juga mengajarkannya pada para ahli bedah mata yang tak terhitung jumlahnya. Dia berharap, ahli bedah mata itu dapat menyembuhkans sebanyak mungkin penderita katarak maupun tunanetra di seluruh dunia.

Bagi para pasien yang tidak mampu pergi ke rumah sakit, Ruit dan timnya secara rutin mendirikan posko pengobatan mata di pinggiran kota Nepal dan negara perbatasan sekitarnya. Ruit mengaku bahwa dia bekerja berdasarkan nalurinya yang selalu ingin menolong orang-orang di sekitarnya.

Dokter Ruit diketahui tumbuh besar di desa kecil daerah Himalaya. Ia mempunyai seorang adik perempuan yang meninggal karena penyakit tuberculosis saat berusia 17 tahun. Saat itu Ruit merasa kehilangan separuh hidupnya, namun hal tersebut yang mendorong Dokter Ruit untuk terus melakukan pengobatan terhadap penderita katarak itu.

“Saya bersyukur dapat membuat suatu perbedaan di kehidupan banyak orang”, ujar Dokter Ruit dilansir dari Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.